Kyoto Indonesia

Kemenkes Sediakan Layanan Telekonsultasi dan Paket Obat Gratis bagi Pasien Isoman Terkonfirmasi Omicron

Telemedisin merupakan sebuah layanan digital yang disediakan oleh pihak Kementerian Kesehatan RI sebagai pendukung aktivitas isolasi mandiri bagi seluruh pasien yang terpapar virus covid 19 varian omicron. Layanan telemedisin ini tujuannya adalah untuk mendukung pasien yang ternyata tak menunjukkan gejala apapun dan pasien yang hanya mengalami gejala ringan saja. Dengan menggunakan layanan telemedisin tersebut, maka semua pasien pun bisa menikmati layanan paket obat gratis dan juga layanan telekonsultasi. Anda semua bisa berkesempatan untuk konsultasi dengan dokter – dokter ahli tanpa harus repot – repot mengunjungi fasilitas kesehatan.

Layanan telekonsultasi juga dianggap lebih menguntungkan, karena Anda bisa berkonsultasi sepuasnya tanpa mengenal waktu. Berbeda jika Anda datang langsung ke layanan dan fasilitas kesehatan, kesempatan konsultasi pun sangat terbatas, belum lagi Anda harus antri berjam – jam pada jam sibuk karena memang banyak pasien.

Untuk menikmati layanan telekonsultasi, Anda bisa mengaksesnya langsung di https://isoman.kemkes.go.id/. Untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pihak Kementerian Kesehatan RI pun menggandeng sekitar 17 platform khusus telemedisin. Platform – platform tersebut antara lain seperti YesDok, Vascular Indonesia, Trustmedis, SehatQ, ProSehat,, Milvik Dokter, Mdoc, LinkSehat, Lekasehat, KlinikGo, KlikDokter, Homecare24, Halodoc, Good Doctor, GetWell, Alodokter dan Aido Health.

Hanya saja, untuk bisa dengan bebas dan leluasa menikmati semua layanan telemedisin serta layanan telekonsultasi, Anda harus mengikuti serangkaian proses tes PCR terlebih dahulu di laboratorium khusus yang terkoneksi langsung dengan suatu sistem bernama sistem New All Record (NAR) yang dikembangkan oleh pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Jika selama proses tes PCR menunjukkan hasil positif terpapar virus covid 19 varian omicron, maka data hasil pemeriksaan tersebut akan langsung dilaporkan ke pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia agar bisa diinput ke dalam database sistem New All Record milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Setelah data selesai diinput, pihak pasien akan secara otomatis mendapatkan informasi dari pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui pesan yang dikirimkan ke Whatsapp dengan tanda khusus centang hijau. Anda bisa menyimpannya sebagai bukti dan nantinya bisa digunakan jika dibutuhkan. Namun jika ternyata dalam beberapa waktu masih saja tak kunjung mendapatkan pesan otomatis tersebut, Anda bisa langsung melakukan pengecekan secara mandiri melalui situs resmi yang disediakan oleh pihak Kementerian Kesehatan yakni di https://isoman.kemkes.go.id/ dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Jika Anda memang sudah terdaftar di sistem, mulai saat itu juga Anda sudah bisa dengan bebas menggunakan layanan telekonsultasi yang disediakan tersebut. Anda bisa pilih platform mana yang dianggap paling nyaman untuk digunakan dari 17 layanan telemedisin.

layanan telekonsultasi

Bagaimana cara menggunakan layanan telekonsultasi?

Caranya sangat mudah, Anda bisa langsung mengklik link yang terlampir di dalam pesan Whatsapp yang dikirim dari sistem New All Record milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atau link yang muncul saat Anda memasukan Nomor Induk Kependudukan di layanan web (https://isoman.kemkes.go.id/panduan). Selanjutnya Anda bisa langsung menginput kode voucher yang tercantum untuk bisa mulai menggunakan layanan telekonsultasi hingga mendapatkan obat gratis sesuai dengan resep yang telah diberikan oleh pihak dokter.

Biasanya, pemberian resep obat akan diberikan oleh pihak dokter setelah Anda selesai melakukan serangkaian aktivitas konsultasi terkait kondisi dan gejala yang Anda rasakan. Resepnya pun akan diberikan dalam bentuk digital. Untuk bisa mendapatkan obat gratis, Anda bisa menebusnya via online dengan mengunjungi laman https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat. Perlu Anda pahami, yang berhak menerima vitamin dan juga obat gratis dari pemerintah adalah pasien yang dinyatakan layak untuk isoman seperti pasien omicron yang menunjukkan gejala ringan atau pun pasien omicron yang tidak mengalami gejala apapun (OTG).

 

Daftar Paket Obat yang Diberikan Secara Gratis

Untuk daftar obat gratis yang diberikan oleh pemerintah kepada pasien omicron tanpa gejala dan pasien omicron dengan gejala ringan dalam bentuk paketan yakni ada paket A dan paket B.

Untuk Paket A ditujukan kepada pasien omicron yang tak menunjukkan gejala. Paket A isinya seperti Zinc 10 tablet, Vitamen E 10 tablet, Vitamin B 10 tablet, dan Multivitamin C 10 tablet. Sedangkan untuk Paket B ditujukan kepada pasien omicron yang menunjukkan gejala ringan saja. Paket B isinya seperti parasetamol dalam bentuk tablet 500 mg, Molnupiravir dalam bentuk tablet 200 mg 40 tablet, Favipiravir dalam bentuk kapsul 200 mg 40 tablet, Zinc 10 tablet, Vitamin E 10 tablet, Vitamin B 10 tablet, dan Vitamin C 10 tablet.

Menurut penjelasan yang diberikan oleh dr Siti Nadia Tarmizi (Juru Bicara Vaksinasi Covid 19) bahwa paket obat yang akan diberikan kepada masing – masing pasien, tentu saja akan disesuaikan dengan resep yang telah diberikan oleh pihak dokter yang sebelumnya melakukan telekonsultasi dengan Anda melalui salah satu platform telemedisin yang dipilih dari 17 platform. Jika ternyata di dalam resep obat yang diberikan oleh pihak dokter, ada beberapa jenis obat yang tidak ada di dalam daftar obat gratis yang disediakan oleh pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, maka Anda bisa menebusnya sendiri di luar layanan telemedisin. Jadi mau tidak mau Anda harus bersedia membayar secara pribadi agar kesehatan Anda bisa segera pulih seperti sedia kala.

 

Syarat Lain untuk Bisa Menikmati Layanan Telemedisin

Selain pasien omicron yang menunjukkan tak adanya gejala dan gejala ringan, pasien omicron yang bisa menikmati layanan telekonsultasi adalah mereka yang sudah menginjak usia 18 tahun, situasi dan kondisi rumah sangat layan untuk dijadikan sebagai tempat isoman, mendapatkan pemeriksaan tes PCR di area Jabodetabek dan wajib berdomisili di area Jabodetabek. Beberapa syarat tersebut wajib dipenuhi jika ingin menikmati layanan telemedisin dan layanan telekonsultasi.

 

Gunakan Kyoto Metafirst untuk Memberikan Perlindungan Ganda

Bagi Anda yang saat ini dalam kondisi yang sehat atau pun yang sedang isoman di rumah, ada baiknya untuk mulai menggunakan Kyoto Metafirst dalam upaya pencegahan agar virus covid 19 varian omicron tak lagi menyebar kemana – mana. Jangan sampai orang – orang tercinta di sekitar Anda harus merasakan terpapar virus covid 19 varian omicron. Jika salah satu anggota keluarga ada yang terpapar virus covid 19 varian omicron, tentu akan menimbulkan resiko yang besar menularkan ke anggota keluarga lainnya.

layanan telekonsultasi

Dengan menggunakan Kyoto Metafirst di rumah, Anda bisa memastikan semua virus covid 19 varian omicron yang mungkin saja ada, bisa dibasmi sampai ke akar – akarnya. Kyoto Metafirst mempunyai kemampuan yang baik dalam membantu membunuh virus dan bakteri tanpa harus meninggalkan jejak pencemaran udara atau pun lingkungan sekitarnya. Jadi Anda wajib banget nih memilikinya di rumah untuk memberikan perlindungan ganda semua anggota keluarga di rumah dari serangan dan ancaman virus covid 19 di luaran sana. Terlebih lagi jika sebagian besar anggota keluarga di rumah sibuk bekerja di luar rumah. Silahkan pesan langsung melalui Whatsapp resmi Kyoto Indonesia.

Leave a Comment