Bunyi gluduk pada roda depan mobil seringkali menjadi tanda adanya masalah yang perlu segera dideteksi sekaligus juga diatasi. Fenomena ini dapat muncul dari berbagai faktor, mulai dari keausan komponen suspensi hingga kerusakan pada sistem rem.
Masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil ini sering kali diabaikan karena dianggap hanya sekedar bunyi yang menganggu belaka. Padahal, bunyi gluduk pada roda depan mobil ini sebenarnya dapat menimbulkan masalah lain yang dapat mengancam kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara.
Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang penyebab umum bunyi gluduk pada roda depan mobil, dampaknya terhadap performa kendaraan, dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti apa ya kira-kira? Mari kita bahas bersama!
Pertanyaan Seputar Bunyi Gluduk Pada Roda Depan Mobil
Penyebab Bunyi Gluduk pada Roda Depan
Dalam mengatasi sebuah masalah, poin terpentingnya adalah mencari terlebih dahulu sumber atau penyebab masalahnya., karena berbeda penyebab tentu berbeda penanganan. Berbicara soal bunyi gluduk pada roda depan, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Bearing rusak
Bearing adalah komponen yang berbentuk cincin logam yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara roda dan as roda. Dan bearing bisa rusak karena aus, kotor, atau terkena air. Jika bearing rusak, maka akan menimbulkan bunyi gluduk yang semakin keras saat kecepatan mobil meningkat.
2. Ball joint rusak
Ball joint adalah komponen yang berbentuk bola logam yang berfungsi untuk menghubungkan roda dengan arm mobil. Ball joint bisa rusak karena aus, kotor, atau terkena air. Jika ball joint rusak, maka akan menimbulkan bunyi gluduk yang terdengar saat mobil berbelok atau melintasi jalan yang tidak rata.
3. Tie rod rusak
Tie rod adalah komponen yang berbentuk batang logam yang berfungsi untuk menghubungkan roda dengan setir mobil. Tie rod bisa rusak karena aus, bengkok, atau patah. Jika tie rod rusak, maka akan menimbulkan bunyi gluduk yang terdengar saat mobil berbelok atau mengerem.
4. Shock absorber rusak
Shock absorber adalah komponen yang berbentuk tabung yang berisi gas atau cairan yang berfungsi untuk menyerap getaran dan goncangan saat mobil bergerak. Shock absorber bisa rusak karena bocor, aus, atau patah. Jika shock absorber rusak, maka akan menimbulkan bunyi gluduk yang terdengar saat mobil melintasi jalan yang tidak rata atau bergelombang.
5. Bushing rusak
Bushing adalah komponen yang berbentuk karet atau plastik yang berfungsi untuk mengurangi gesekan dan getaran antara komponen-komponen roda. Bushing bisa rusak karena aus, sobek, atau retak. Jika bushing rusak, maka akan menimbulkan bunyi gluduk yang terdengar saat mobil bergerak atau berhenti.
Bahaya Bunyi Gluduk pada Roda Depan
Bunyi gluduk pada roda depan mobil Anda bisa jadi tandanya ada kerusakan pada komponen-komponen yang berhubungan dengan roda, seperti bearing, ball joint, tie rod, shock absorber, atau bushing.
Komponen-komponen ini berfungsi untuk menghubungkan roda dengan bodi mobil, serta menstabilkan dan menyerap getaran saat mobil bergerak. Jika salah satu atau beberapa komponen ini rusak, maka akan menimbulkan gesekan, benturan, atau kekendoran yang menghasilkan bunyi gluduk.
Bunyi gluduk pada roda depan mobil Anda tidak boleh dianggap sepele, karena bisa menimbulkan bahaya bagi keselamatan berkendara Anda. Jika Anda mengabaikan bunyi gluduk ini, maka kerusakan pada komponen-komponen roda bisa semakin parah, dan berpotensi menyebabkan roda lepas, mobil oleng, rem blong, atau kecelakaan.
Selain itu, bunyi gluduk ini juga bisa mengganggu kenyamanan dan kinerja mobil Anda, karena akan menurunkan stabilitas, handling, dan akselerasi mobil. Dan ada beberapa lagi bahayanya seperti:
1. Meningkatkan Risiko Kecelakaan
Bunyi gluduk pada roda depan mobil Anda bisa menandakan adanya kerusakan pada komponen penting yang berpengaruh pada kemudi, rem, dan stabilitas mobil. Jika Anda mengabaikan bunyi ini, maka kerusakan tersebut bisa semakin parah dan menyebabkan kegagalan fungsi pada komponen tersebut.
Hal ini tentu sangat berbahaya, karena bisa membuat Anda kehilangan kendali atas mobil Anda saat berkendara, dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.
2. Merusak Komponen Lain
Bunyi gluduk pada roda depan mobil Anda juga bisa menunjukkan adanya kekendoran atau kekakuan pada komponen-komponen roda. Hal ini bisa menyebabkan gesekan, benturan, atau tekanan yang berlebihan pada komponen lain yang berdekatan.
Akibatnya, komponen lain tersebut bisa mengalami kerusakan, aus, atau retak. Misalnya, jika bearing roda rusak, maka bisa merusak as roda, velg, atau ban. Jika ball joint roda rusak, maka bisa merusak arm, knuckle, atau shock absorber.
3. Membuat Biaya Perbaikan Mahal
Dan bunyi gluduk pada roda depan mobil Anda juga bisa menimbulkan kerugian finansial bagi Anda. Jika Anda terlambat melakukan perbaikan, maka kerusakan pada komponen roda bisa semakin luas dan membutuhkan penggantian yang lebih banyak.
Hal ini tentu akan membuat biaya perbaikan menjadi lebih mahal, dibandingkan jika Anda melakukan perbaikan sejak dini. Selain itu, Anda juga bisa menghemat biaya bahan bakar, karena mobil Anda akan menjadi lebih efisien dan irit jika komponen roda berfungsi dengan baik.
Perbaiki Bunyi Gluduk Pada Roda Depan dan Jangan Lalai Service
Jika Anda mendengar bunyi gluduk pada roda depan mobil Anda, maka segeralah periksa dan perbaiki komponen-komponen yang bermasalah. Jangan menunda-nunda perbaikan, karena bisa membahayakan keselamatan Anda dan merusak mobil Anda. Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel terpercaya, atau melakukan perbaikan sendiri jika Anda memiliki pengetahuan dan peralatan yang cukup.
Salah satu komponen yang sering mengalami kerusakan dan menimbulkan bunyi gluduk adalah bearing. Bearing adalah komponen yang cukup penting, karena berpengaruh pada stabilitas dan kinerja roda. Jika bearing rusak, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Berikut adalah cara mengganti bearing roda depan mobil Anda:
- Angkat mobil Anda dengan jack stand atau dongkrak, dan lepaskan roda depan yang bermasalah.
- Lepaskan baut dan mur yang mengunci as roda, dan tarik as roda keluar dari hub roda.
- Lepaskan bearing lama dari hub roda dengan menggunakan alat pemukul atau penarik bearing.
- Bersihkan hub roda dari kotoran atau karat yang menempel, dan olesi dengan gemuk atau pelumas.
- Pasang bearing baru ke hub roda dengan menggunakan alat pemukul atau penarik bearing, dan pastikan bearing terpasang dengan rapat dan rata.
- Pasang kembali as roda ke hub roda, dan kencangkan baut dan mur yang mengunci as roda.
- Pasang kembali roda depan yang telah dilepas, dan turunkan mobil Anda dari jack stand atau dongkrak.
- Lakukan tes jalan untuk memastikan bunyi gluduk sudah hilang dan roda berfungsi dengan normal.
Selain melakukan perbaikan, Anda juga harus melakukan service rutin untuk mencegah kerusakan pada komponen-komponen roda. Service rutin meliputi pemeriksaan, pembersihan, pelumasan, dan penggantian komponen-komponen roda yang aus atau rusak.
Service rutin sebaiknya dilakukan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali, tergantung pada kondisi dan pemakaian mobil Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk melakukan perbaikan atau service roda depan mobil Anda, Anda bisa menghubungi Rotary Bintaro, bengkel spesialis roda yang terpercaya dan profesional.
Atasi Dan Cegah Kerusakan Lebih Lanjut Dari Masalah Bunyi Gluduk Pada Roda Depan Mobil Dengan Kyot0 Shaking Machine!
Dari pembahasan diatas, dapat kita pahami bahwa masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil ini dapat berasal dan berimbas pada berbagai komponen kaki kaki mobil lainnya. Maka dari itu, untuk mengatasi sekaligus mencegah masalah ini timbul dikemudian hari, sangat disarankan untuk melakukan service kaki kaki mobil secara rutin.
Namun, jangan pernah melakukan service di bengkel kaki kaki mobil sembarangan yang justru merepotkan dan membuang uang Anda ya! Karena seperti yang kita ketahui bersama, kebanyakan service kaki kaki mobil harus dilakukan dengan dibawa keliling dan bermodalkan feeling semata. Hal ini membuat terjadinya banyak kesalahan analisa di dalamnya yang justru mengganti komponen yang tidak tepat.
Dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, kini telah hadir Kyoto Shaking Machine yang mampu untuk menjawab semua masalah yang ada dalam service kaki kaki mobil pada umumnya.
Bagaimana bisa? Ini dikarenakan Kyoto Shaking Machine memanfaatkan guncangan hidrolik yang mampu untuk memberikan simulasi guncangan pada mobil Anda. Dari simulasi guncangan tersebut nantinya dapat dianalisa ada atau tidaknya masalah pada kaki kaki mobil Anda. Dengan analisa yang lebih akurat, maka pengambilan solusi juga jauh lebih tepat.
Untuk informasi lebih lanjut terkait Kyoto Shaking Machine ini, silahkan Anda kunjungi website resmi dari Kyoto Indonesia ya! Cukup sampai disini pertemuan kita dan sampai jumpa di pertemuan berikutnya.